MAKANAN KHAS PALEMBANG

1435773845pempek wenny pekanbaru (1)Pempek-campur!Resep-Cara-Membuat-Pempek-Kapal-Selam-Asli

 

—PEMPEK

—Yang paling terkenal dari Palembang di seluruh penjuru nusantara tentunya makanan yang satu ini. Makanan ini terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan daging ikan belida, tenggiri ataus gabus yang digiling dan digoreng. Makanan ini lalu disajikan dengan kuah yang mengandung cuka, gula merah dan cabe dilengkapi cacahan mentimun agar rasanya nikmat.

— Pempek juga memiliki berbagai jenis dan nama berdasar bentuknya. Ada yang diisi kulit ikan, telur ayam atau tahu.  Mengapa disebut “pempek”? Konon, dulu pempek atau empek-empek dijual dengan menggunakan sepeda yang mengelilingi kampung. Jadi, ketika ingin menyetop sang penjual, calon pembeli memanggilnya “Pek, Apek!” yang merupakan panggilan untuk lelaki keturunan Tionghoa yang telah berumur. Yang paling terkenal adalah pempek kapal selam. Selain itu, ada juga pempek lenggang, pempek kulit, dan pempek panggang.

 

—Tekwan Palembang

TEKWAN

—Ini adalah satu lagi makanan khas Palembang yang berasal dari olahan ikan. Namun, bukannya dicampur dengan tapioka, tekwan diolah dengan tepung sagu. Tekwan disajikan dengan kaldu udang sebagai kuahnya dengan bahan-bahan pelengkap seperti bihun, jamur kuping dan bengkoang.

 

resep-pindang-tulang-palembang-enak

—PINDANG TULANG

—Yang ini merupakan olahan yang berasal dari bahan tulang sapi yang masih mengandung sedikit daging dan sumsum. Tulang-tulang tersebut lalu direbus dengan racikan bumbu-bumbu tradisional yang mengandung serai, cabe hijau, lengkuas, kunyit, serta bawang merah dan bawang putih. Hidangan ini memiliki cita rasa yang kaya, ada asam, ada manis, dan ada pula pedasnya.

 

—maksuba2

KUE MAKSUBA

—Kue maksuba , kue khas palembang yang berbahan dasar utama telur bebek dan susu kental manis . Dalam pembuatannya telur yang dibutuhkan dapat mencapai sekitar 28 butir . adonan kemudian diolah mirip adonan kue tapis . Rasanya tentunya pasti enak dan manis . Kue ini dipercaya sebagai salah satu sajian istana kesultanan palembang yang seringkali disajikan sebagai untuk tamu kehormatan . Namun saat ini kue maksuba dapat ditemukan diseluruh Palembang dan sering disajikan dihari raya.

 

#RAHMAD WEDI APRIANSYAH PUTRA

Tinggalkan komentar